SELAMAT MENIKMATI SAJIAN BERIKUTالسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Jumat, 22 November 2013

Perhitungan Persen Microsoft Excel

Kali ini kita akan menerapkan bagaimana menghitung persen di Microsoft Excel. Serta menambahkan lambang persen secara otomatis.
Untuk lebih memahaminnya ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  1. Buatlah tabel seperti pada gambar dibawah ini terlebih dahulu

  2. Secara umum perhitungan diskon sebuah harga barang adalah sebagai berikut :
    =(Diskon/100) * Harga Barang
    contoh baju dengan harga Rp. 9000 mendapat diskon 20 % maka jumlah diskon yang diterima adalah :
    =(20/100) * 9000 =1800
    pada contoh kali ini yang akan kita cari adalah jumlah persen dari diskon yang telah diterima. Berdasarkan rumus sebelumnya maka didapat : 
    % =(Diskon diterima/Harga Barang) * 100
    Rumus diatas adalah rumus Matematikanya, untuk rumus Microsoft Excel tidak perlu lagi dikali dengan 100, hanya cukup membagi diskon diterima dan harga barang kemudian gunakan menu icon percent style.
    Percent Style akan mengalikan suatu bilangan dengan seratus kemudian memberi akhiran %.
  3. Kita lanjutkan dengan tabel yang sudah kita buat diatas :

    • Isikan cells E4 dengan rumus 
      =D4/C4
    • Tarik fill handle rumus pada cells E4 untuk menyalin rumus ke cells berikutnya.
    • Blok Cells E4 sampai dengan E6
    • Klik menu icon Percent Style

Tidak ada komentar:

Posting Komentar